Workshop Pengembangan SPIP Terintegrasi BBVet Maros

30 Desember 2021

Sebagai wujud peran dalam consultancy dan quality assurance, Inspektorat Jenderal Kementan menggelar workshop pengembangan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) terintegrasi Balai Besar Veteriner Maros.

SPIP terintegrasi dimanfaatkan sebagai solusi manajemen modern untuk mencapai tujuan kerja yang efektif, penggunaan anggaran yang efisien, laporan keuangan WTP, aset aman, dan taat peraturan.

Workshop dipandu oleh IGMN Kuswandana, Inspektur IV Itjentan; Tim Inspektorat IV, Yuris dan Hero dan diikuti oleh seluruh pegawai BBVet Maros. Workshop dilakukan dengan memetakan proses bisnis BBVet Maros dan mengidentifikasi risiko yang dapat terjadi pada masing-masing proses. Data risiko kemudian dianalisis dan diidentifkasi pengendaliannya sehingga dapat menjadi panduan dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan.

Kepala BBVet Maros, Risman Mangidi berharap pengembangan SPIP terintegrasi dapat mendukung tercapainya sasaran kinerja BBVet Maros lebih tepat dan cepat. Sementara itu, pendampingan SPIP terintegrasi di BBVet Maros diharapkan menjadi role model untuk unit kerja di wilayah Indonesia tengah dan timur. Pungkas Kuswandana.