Tingkatkan Kerja Sama, Badan Karantina Pertanian Berkunjung Ke BBVet Maros

25 Maret 2019

Maros (25/03/2019) - Untuk mendukung tercapainya tujuan prioritas nasional dan prioritas regional dalam pengendalian Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS), Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) melalui Balai Besar Veteriner Maros (BBVet Maros) menerima perwakilan Badan Karantina Pertanian (Barantan) dari 10 provinsi wilayah pelayanan BBVet Maros yang meliputi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua pada Senin, 25 Maret 2019. Pertemuan yang dilaksanakan di Aula Veteriner BBVet Maros ini bertujuan untuk menyepakati beberapa hal terkait pelaksanaan program surveilans PHMS, khususnya pada 5 jenis penyakit strategis yang menjadi prioritas nasional yaitu Rabies, Anthrax, Brucellosis, Avian Influenza, dan Hog Cholera.

Kepala BBVet Maros, Sulaxono Hadi saat memimpin pertemuan mengatakan bahwa BBVet Maros siap bekerja sama dengan pihak karantina dalam melakukan surveilans untuk pemberantasan PHMS, baik yang menjadi prioritas nasional maupun regional. "Sinergitas harus dibangun terus dan ditingkatkan, kita pererat jalinan kerja sama antar unit pelaksana teknis untuk melayani peternak dan masyarakat, kita hilangkan ego sektoral, karena masyarakat memerlukan pelayanan terus dari kita", tegas Sulaxono.

Output yang dihasilkan dari kunjungan UPT Barantan ke BBVet Maros tersebut adalah untuk mensinergiskan target pengendalian PHMS dari Ditjen PKH dengan HPHK (Hama Penyakit Hewan Karantina) Golongan II yang ada di wilayah pelayanan BBVet Maros. Di samping itu, pertemuan ini digunakan pula untuk melakukan konsultasi terkait pembuatan desain sampling, penentuan lokasi sampling, dan harmonisasi metode pengujian sampel serta koordinasi dengan dinas dalam melakukan tindakan pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan.

Kesepakatan awal yang terwujud adalah pelaksanaan surveilans penyakit Avian Influenza (AI) dari BBVet Maros bersama dengan UPT Barantan dan dinas setempat yang akan dilaksanakan pada bulan April di Papua Barat (Sorong dan Manokwari) serta di Papua (Timika dan Merauke).