Komisi IV DPR RI bersama BBVet Maros gelar bimtek manajemen peternakan dan keswan di Seram Bagian Barat

02 November 2021

Maros, 02 November 2021. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI melalui Balai Besar Veteriner Maros menggelar bimbingan teknis (bimtek) terkait manajemen peternakan dan kesehatan hewan kepada peternak di Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku. Bimtek yang dilaksanakan di Desa Kawa, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021 merupakan kerja sama Komisi IV DPR RI dengan sasaran peserta adalah penerima bantuan ternak dari Kementan RI.

Ir. H. Abdullah Tuasikal, M.Si. selaku anggota Komisi IV DPR RI membuka bimtek secara resmi. Kegiatan dihadiri pula oleh Kepala Balai Besar Veteriner Maros Risman Mangidi, S.Sos., M.M. serta perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Maluku dan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Seram Bagian Barat.

Dalam sambutannya, Abdullah Tuasikal mengatakan bahwa "Kabupaten Seram Bagian Barat adalah potensi terbesar dalam peternakan sapi dan kalau dilihat dari data konsumsi perkapita, tidak terlalu jauh dengan kondisi kebutuhan daging untuk masyarakat Indonesia". "Memang tidak mudah dalam pemeliharaan sapi, tapi dibutuhkan kesabaran", tambahnya.

Kepala BBVet Maros Risman Mangidi mengatakan, "bimtek dilaksanakan guna meningkatkan pemahaman peternak dalam mengelola manajemen pemeliharaan ternak sehingga mampu mencegah terjadinya gangguan penyakit hewan yang dapat berdampak pada peningkatan produktivitas dan peningkatan populasi ternak sapi yang berkualitas".

Bimtek manajemen peternakan dan kesehatan hewan dilaksanakan selama 2 hari dengan menghadirkan pemateri dari Dinas Pertanian Provinsi Maluku dan tim BBVet Maros.