In-house Training kepada Tenaga Medik dan Paramedik Veteriner BBVet Maros

05 Juli 2022

BBVren.. Tenaga medik & paramedik veteriner BBVet Maros telah mengikuti in-house training pengambilan dan penanganan spesimen terkait penyakit mulut dan kuku (PMK) pada 04-05 Juli 2022.

drh. Faizal Zakariya, M.Sc. dan drh. Firdaus Lingga Kusuma, M.Sc. dari Pusat Veteriner Farma @pusvetma sebagai laboratorium reference penyakit mulut dan kuku di Indonesia dihadirkan sebagai narasumber dalam pelatihan ini.

Materi mengenai persiapan alat dan bahan, pengambilan spesimen, pendataan spesimen pengemasan spesimen, dan pengiriman spesimen diberikan sehingga tim BBVet Maros lebih siap dalam antisipasi penyebaran PMK di wilayah kerja BBVet Maros. Materi mengenai desain surveilans PMK juga diberikan sehingga tim BBVet Maros dapat lebih efektif dan efisien dalam melakukan deteksi dini dan monitoring status PMK di wilayah kerja BBVet Maros.

Selain itu, pelatihan pengambilan spesimen cairan oesopharyngeal (spesimen probang) menggunakan probang cup juga diberikan untuk melengkapi kompetensi tim BBVet Maros terkait penanganan PMK.