Sapi Kurban Presiden Jokowi di Sulawesi Selatan

10 Agustus 2019

Tahukah sobat ternak jika Presiden Jokowi punya sapi kurban di Provinsi Sulawesi Selatan?

BBVet Maros mendapat kehormatan sebagai salah satu tim pemantau dan pengawal hewan kurban milik Presiden Jokowi, yaitu sapi simmental berbobot 971,5 Kg yang dibeli oleh Presiden Jokowi di Kabupaten Maros.

Tugas tim pemantau dan pengawal hewan kurban milik Presiden ini memiliki tanggung jawab untuk menyusun spesifikasi hewan kurban, membantu mengkoordinasikan terkait pengadaan hewan kurban di setiap provinsi, pemantauan dan pengawalan teknis hewan kurban sejak pengadaan sampai dengan pasca pemotongan.

drh. Gustav Satriadistfa yang ditugaskan untuk memantau menerangkan bahwa hewan kurban harus dalam kondisi yang sehat; tidak cacat, seperti buta, pincang, patah tanduk, ekor putus, tidak memiliki kerusakan daun telinga; gemuk; berjenis kelamin jantan, tidak dikebiri, memiliki buah zakar lengkap (2 buah) dengan bentuk dan letak yang simetris; cukup umur yakni minimal 2 tahun untuk sapi atau kerbau yang ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap serta minimal 1 tahun untuk kambing atau domba yang ditandai pula dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap.

Hasil dari pemeriksaan ante mortem (sebelum dipotong) menyatakan bahwa sapi tersebut dalam kondisi sehat dan layak kurban. Sapi kurban milik Presiden Jokowi di Sulawesi Selatan ini besok disembelih di Kota Makassar.

sumber foto: kumbanews.com