Sinjai Menuju Bebas Brucellosis

14 April 2022

Kabupaten Sinjai merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan dengan potensi peternakan yang cukup tinggi. Data populasi sapi tahun 2020 di Kabupaten Sinjai tercatat sebanyak 119.869 ekor yang tersebar di 9 kecamatan dan 80 desa/kelurahan. Salah satu target pemerintah Kabupaten Sinjai Bumi Panrita Kitta adalah menjadikan Kabupaten Sinjai sebagai daerah metropolitan sapi di Sulawesi.

Kabupaten Sinjai telah menjadi percontohan di Indonesia untuk Asuransi Usaha Ternak Sapi dengan jumlah lebih dari 9.000 dari total lebih dari 100.000 ekor untuk seluruh Indonesia.

Untuk mewujudkan Kabupaten Sinjai sebagai daerah metropolitan sapi, pencegahan dan pengendalian penyakit pada ternak sapi juga perlu ditingkatkan. Dalam 2 dekade terakhir, tidak pernah dilaporkan adanya hasil uji seropositif Brucellosis pada ternak sapi.

Sebagai langkah kontrol, maka perlu dilakukan surveilans yang terstruktur untuk memastikan bahwa Kabupaten Sinjai bebas dari penyakit Brucellosis. Surveilans aktif (sero survei) dilaksanakan sesuai dengan metode yang direkomendasikan untuk menentukan prevalensi sehingga menjadi status awal daerah tersebut.

Target spesimen yang diambil sebesar 385 spesimen di 8 kecamatan dan 74 desa/kelurahan. Kegiatan pengambilan spesimen tahap pertama dilakukan di 29 desa di 3 kecamatan, diantaranya Kecamatan Sinjai Utara, Kecamatan Sinjai Timur dan Kecamatan Tellulimpoe. Kegiatan pengambilan spesimen dilakukan bersama petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Kabupaten Sinjai dan petugas kecamatan.