Program #Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera)

10 Oktober 2018

Balai Besar Veteriner Maros sebagai unit pelaksana tugas Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian (Kementan) ikut melaksanakan program pemerintah dalam rangka pengentasan kemiskinan berbasis pertanian yaitu Program #BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera. Program #BEKERJA ini diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap program lain yang dijalankan pemerintah mulai dari program berbasis bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, serta pemberdayaan usaha kecil di kementerian dan lembaga lain. Tujuan dari bantuan ini adalah untuk meningkatkan penyediaan protein hewani dan pendapatan Rumah tangga. Program ini diproyeksikan akan menjadi solusi permanen bagi RTM untuk keluar dari garis kemiskinan, melalui peningkatan pendapatan dan perbaikan gizi keluarga.

BBVet Maros sebagai unit pelaksana program #BEKERJA untuk wilayah Provinsi Sulawesi Selatan yang terdiri dari 10 desa pada 5 kabupaten yaitu Tana Toraja, Toraja Utara, Bone, Soppeng dan Takalar. Program #BEKERJA di 5 kabupaten tersebut telah melalui tahap verifikasi RTM (Rumah Tangga Miskin) sesuai data terpadu dari Kementerian Sosial. Paket bantuan #BEKERJA yang diberikan kepada masing-masing RTM berupa 50 ekor ayam umur 4 minggu, bantuan pakan untuk 4 bulan masa pemeliharaan dan paket vitamin, serta obat-obatan ternak. Selain itu, sebelum ayam disalurkan, masing-masing RTM Penerima mendapatkan bantuan kandang secara swadaya kelola yang diakomodasi oleh Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian.

Distribusi bantuan ayam diawali di Desa Palawa Kabupaten Toraja Utara dan di Desa Marioritengnga dan Marioriaja Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Penyerahan bantuan selanjutnya akan dilakukan pada kabupaten Toraja Utara, Takalar dan Bone secara bertahap kepada seluruh RTM yang kandangnya sudah siap hingga mencapai 100 % sesuai target yang dijadwalkan pada awal Desember 2018.