Panen Selada Kegiatan Obor Pangan Lestari

09 Agustus 2019

Maros (09 Agustus 2019). Pagi ini rekan-rekan BBVet Maros mendapat pelatihan budidaya tanaman dengan menggunakan teknik hidroponik dan aquaponik. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan nasional Kementerian Pertanian yaitu Obor Pangan Lestari (OPAL) melalui Peraturan Menteri Pertanian RI Nomor 10 Tahun 2019 tentang Obor Pangan Lestari Tahun 2019.

Tujuan pelaksanaan OPAL yakni sebagai sarana percontohan untuk masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga. Tujuan ini guna mendukung perwujudan penganekaragaman konsumsi pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat sesuai dengan potensi dan kearifan lokal guna mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif yang diatur dalam Pasal 60 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan. Dalam hal penganekaragaman konsumsi pangan, disebutkan bahwa upaya penganekaragaman pangan salah satunya dilakukan melalui optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan sebagaimana tertuang dalam Pasal 26 Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi. Dengan demikian, diharapkan masyarakat sekitar unit kerja dapat mereplikasi OPAL di lingkungannya.

Pelaksanaan OPAL di BBVet Maros menerapkan teknik hidroponik dan aquaponik. Hidroponik adalah salah satu teknik budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Sedang aquaponik merupakan perpaduan hidroponik dengan akuakultur dalam 1 wadah/tempat. Jadi petani aquaponik memperoleh 2 manfaat sekaligus, yakni manfaat pertanian dan manfaat perikanan.

Sekitar 3 minggu lalu BBVet Maros sudah mulai melakukan persemaian benih selada kemudian dipindahkan ke sistem hidroponik Deep Flow Technique (DFT). Hari ini selada tersebut sudah tumbuh lebat dengan daun yang lebar, sehingga dilakukan panen selada yang juga panen OPAL pertama BBVet Maros.

Pelatihan dilanjutkan dengan praktik mempersiapkan media tanam, melakukan persemaian, juga proses pemindahan benih ke dalam sistem hidroponik serta pemantauan nutrisi air supaya tanaman dapat tumbuh ideal.

Bagi masyarakat, khususnya warga Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan mari berkunjung ke BBVet Maros untuk mendapatkan pengetahuan, mempraktikkan teknik hidroponik dengan fasilitas yang BBVet Maros miliki. Sehingga diharapkan setelah pengetahuan sudah diperoleh, dapat dipraktikkan di lingkungan masing-masing.