Antusiasme Belajar Merawat dan Memelihara Hewan Bersama BBVet Maros

01 April 2019

Maros (01/04/2019) - Pagi ini Balai Besar Veteriner Maros mendapat kunjungan dari adik-adik Sekolah Dasar Islam Terpadu Granada Auladi, Maros. Kunjungan berkaitan dengan kegiatan SD Granada Auladi yang bertemakan "Merawat Hewan dan Tumbuhan". BBVet Maros dipilih sebagai destinasi dalam pelajaran merawat hewan.

Sebanyak 15 siswa-siswi berkunjung ke BBVet Maros untuk mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana memelihara hewan yang benar, merawat hewan yang baik, apa yang harus dilakukan jika hewan sakit supaya hewan-hewan dalam kondisi sehat. Lebih dari itu, kegiatan ini ditujukan untuk menumbuhkan kasih sayang siswa-siswi terhadap hewan. Terang pembina SD Granada Auladi.

Tur dimulai dengan pengenalan hewan kucing. Apa saja sifat kucing, makanan apa yang seharusnya diberikan sehingga kucing menjadi sehat. Ternyata banyak yang mempunyai kucing dirumahnya, maka siswa-siswi diberikan buku saku "Mengenal Rabies dan Cara Pencegahannya";. Siswa-siswi juga diberikan informasi mengenai pentingnya vaksinasi kucingnya sehingga tidak tertular virus rabies dengan membawa kucingnya ke Taman Kota Maros setiap awal bulan Oktober untuk vaksinasi virus rabies dalam program "World Rabies Day" atau "Hari Rabies Sedunia" yang jatuh setiap tanggal 28 September. Vaksinasi ini gratis, sehingga adik-adik tidak perlu ragu membawa kucing kesayangannya untuk divaksin, ajak drh. Wahyuni.

Tur dilanjutkan ke lapangan dengan pengenalan hewan tikus, marmut, kelinci, domba, kambing, sapi, kuda, dan babi. Saat ditanyakan apa perbedaan ekor domba dengan kambing, siswa-siswi ini dengan sigap menjawab kalau ekor domba mengarah ke bawah, sedang ekor kambing mengarah ke atas. drh. Wulan juga menambahkan pengetahuan dengan menyampaikan kalau domba hanya memakan rumput, sedang kambing selain memakan rumput, juga memakan dedaunan.

Adik-adik terlihat sangat antusias saat mengamati hewan babi karena jarang sekali babi dapat dijumpai di Kabupaten Maros, sehingga rasa penasaran mereka tinggi untuk mengenal hewan babi.

Setelah selesai melakukan pengamatan lapangan, siswa-siswi diajarkan bagaimana menjaga kebersihan setelah melakukan kontak dengan hewan, yakni mencuci tangan dengan sabun.

Sekembalinya ke kelas, banyak sekali pertanyaan yang muncul atas rasa penasaran adik-adik ini, dengan antusias pula BBVet Maros menjawab sekaligus menambah pengetahuan mereka.

"Kami sangat antusias atas kunjungan ini. Semoga apa yang didapat di BBVet Maros menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi adik-adik SD Granada Auladi." Pungkas drh. Sulaxono Hadi.